3 Langkah Mudah Download Font Arab Gratis di Ponsel Samsung

Screenshot 20240510 115126 Chrome

Download font Arab gratis — Bagi kamu anak kejurusan agama Islam, pasti sangat penting untuk memiliki font Arab di ponsel, kan?

Ponsel sekarang tidak hanya sekedar untuk menelepon atau berbagi kabar dengan teman, tapi juga bisa dijadikan salah satu alat untuk mengetik dan bekerja selayaknya fungsi laptop.

Yap! perkembangan dan kecerdasaan ponsel, semakin memanjakan setiap penggunanya. Ponsel yang bentuk dan ukuran yang lebih fleksibel dari laptop, seolah menjadi angin segar bagi mereka yang ingin menulis atau bekerja di masa saja. Meski dalam beberapa elemen, ponsel tidak bisa menyamai spesifikasi laptop.

Font Arab

Font Arab
Font Arab

Font bahasa Arab seringkali dibutuhkan orang-orang yang kuliah dibidang studi agama Islam. Tidak jarang, orang kesulitan untuk bisa mengetik teks Arab jika tidak memiliki font Arab di ponselnya.

Tanpa akses yang mudah ke font tersebut, ini dapat menjadi hambatan besar dalam menulis tugas, membaca teks, atau berkomunikasi dalam bahasa Arab. Keterbatasan ini juga bisa berpengaruh pada produktivitas dan pemahaman dalam konteks studi kita.

Oleh karena itu, memiliki font bahasa Arab yang mudah diakses dan diinstal di ponsel mereka akan sangat membantu mahasiswa untuk menjalani proses pembelajaran dan penelitian dengan lebih lancar dan efisien.

Download Font Arab Gratis di Ponsel Samsung

Download Font Arab Gratis di Ponsel Samsung
Download Font Arab Gratis di Ponsel Samsung

Keberadaan ponsel cukup membantu untuk mengatasi untuk beberapa orang yang tidak terlalu suka dan bisa berlama-lama duduk mengadapa layar lebar seperti laptop. Kepraktisan ponsel dalam mengetik membuatnya sering kali digunakan untuk keperluan seperti kuliah dan kerja.

Berikut cara mudah mendownload font bahasa Arab di ponsel Samsung:

  1. Buka setting keyboard yang berada di bagian atas kanan.
  2. Lalu klik ‘Bahas dan Tipe’
  3. Pilih “Kelola bahas Input”, lalu unduh font Arab yang disediakan.
Baca Juga: Cara Memasukan Audio Ke Powerpoint

Jenis Font Arab di Ponsel Samsung

Jenis Font Arab
Jenis Font Arab

Samsung sangat memanjakan penggunanya, terutama bagi kamu yang ingin memiliki beragam font bahasa Arab.

Terdapat 7 jenis font bahasa Arab yang disediakan setting keyboard Samsung yaitu 1). Arab, 2). Arab (Aljazaria), 3). Arab Levantin, 4). Arab Maroko, 5). Arab Mesir, 6). Arab Tunasia, 7). Arab Sindhi.

Kamu hanya tinggal mengunduh font bahasa Arab mana yang kamu butuhkan. Berikut cara mudah mengunduhnya :

  1. Buka setting keyboard yang berada di bagian atas kanan.
  2. Lalu klik ‘Bahas dan Tipe’
  3. Pilih “Kelola bahas Input”, lalu unduh jenis font bahasa Arab yang kamu butuhkan.

Font Arab Latin

Font bahasa Arab bisa menggunakan alfabet versi Arab yang terdiri dari alif sampai dengan ya. Sistem penulisan Arab memiliki ciri unik yang dimana setiap huruf dapat terhubung satu sama yang lain, dengan perubahan bentuk yang mengikuti setiap hurufnya saat di sambung, serta ada beberapa huruf juga yang tidak bisa disambungkan.

Sedangkan huruf Arab latin merupakan huruf latin yang dibuat dengan alfabet umum yang berfungsi untuk membantu orang yang tidak terbiasa membaca font Arab agar jadi lebih mudah.

Contoh sederhannya seperti huruf ﺏ yang ditulis menggunakan huruf latin “ba”.

Namun perlu diingat beberapa huruf hijaiyah yang ada dalam bahasa Arab tidak sepenuhnya bisa dituliskan dalam bahasa Arab Latin. Contohnya seperti huruf ح dan ھ yang dituliskan “ha”, padahal keduanya memiliki cara pembacaan yang berbeda. Hal semacam itu tentu akan membuat sesuatu bisa kurang akurat.

Sehingga meski pun ada bahasa Arab Latin, ada baiknya bagi kamu yang belajar dalam bidang dan bersentuhan langsung dengan beragam macam huruf Arab, untuk bisa mempelajari dan memahami teks huruf Arab asli, agar bisa mendapatkan informasi yang akurat.

Download Font Arab Gratis di Ponsel Samsung

Bagi kamu yang ingin menulis Arab latin, kamu bisa menggunakan setting keyboard alfabet umum atau bahasa Indonesia. Berikut cara menunduhnya:

  1. Buka setting keyboard yang berada di bagian atas kanan.
  2. Lalu klik ‘Bahas dan Tipe’
  3. Pilih “Kelola bahas Input”, lalu unduh font bahasa Arab yang disediakan.

So, jadi itulah cara mudah mengunduh font Arab di ponsel Samsungmu. Semoga membantu. See you….