3 Cara agar Suara Laptop Besar Pada Windows 10

Cara agar Suara Laptop Besar
Cara agar Suara Laptop Besar

Cara agar suara laptop besar perlu dipahami dengan benar. Pada dasarnya, memiliki perangkat laptop dengan Windows 10 biasanya memiliki permasalahan suara atau volume yang dikeluarkan tidak begitu besar. 

Berdasarkan perangkat laptop dengan Windows 10, volume pada laptop sebenernya bisa dibesarkan lagi. Caranya cukup melakukan pengaturan pada suara dan menggunakan aplikasi atau software tambahan untuk memainkan lagu atau video.

Cara agar Suara Laptop Besar yang Mudah

Cara agar Suara Laptop Besar
Cara agar Suara Laptop Besar

Memperbesar volume pada laptop Windows 10 yang pertama yaitu dengan menggunakan fitur Sound Enhancement di Windows. Caranya cukup mudah dan tidak perlu mendownload software tambahan. Berikut penjelasannya:

  1. Pertama, klik kanan pada icon Speaker di Taskbar dan pilih Open Sound Setting
  2. Pada bagian kanan layar, maka bisa klik Sound Control Panel
  3. Setelah itu, pilih Speaker dan klik Properties. Lanjut pada tab Enhancements dan pilih Centang Loudness Equalization lalu Apply.
  4. Untuk hasil yang terbaik, maka silahkan restart laptop dan kembali mainkan video atau musik yang inginkan. Suara laptop yang sebelumnya kecil dan lemah niscaya akan berubah menjadi lebih kencang dari sebelumnya.

Cara agar suara laptop besar lainnya bisa dengan memanfaatkan media player yang memiliki fitur boost volume/boost audio. Salah satu media player yang punya fitur ini yaitu VLC.

Ketika memainkan video ataupun musik, maka pengguna dapat memperbesar volume laptop hingga diatas 100% untuk mendapatkan suara yang lebih keras. VLC sendiri dapat naikkan volumenya hingga 125%. Sehingga membuat masalah suara laptop kecil bisa teratasi.

Baca Juga : 2 Cara Mendownload Smadav Pada Laptop Mudah

Untuk bisa mendapatkan player VLC, pengguna harus mendownloadnya secara gratis pada situs resmi VLC Media Player. Hanya dengan mengetahui cara membesarkan volume laptop Windows 10, maka pengguna bisa mengatasi masalah volume speaker yang kecil. 

Sehingga bisa menikmati mendengarkan lagu atau menonton video dengan lebih nyaman. 

Gunakan Aplikasi Tambahan 

Gunakan Aplikasi Tambahan 
Gunakan Aplikasi Tambahan 

Cara memperbesar suara laptop Windows 10 juga bisa dilakukan melalui aplikasi tambahan atau pun fitur yang tersemat di Windows itu sendiri.

Suara laptop Windows 10 bisa menjadi kecil dan tidak terlalu terdengar dengan jelas. Hal ini dapat disebabkan oleh pengaturan yang salah atau sistem default laptop yang mengatur volume terlalu kecil.

Apabila kamu merasa laptop kamu kurang mengeluarkan suara yang besar, berikut ini adalah cara memperbesar suara rekaman online dan lainnya di Windows 10, yaitu:

1. Fitur Loudness Equalizer

Cara setting speaker di komputer Windows 10 yang pertama yaitu melalui fitur Loudness Equalizer. Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama cara agar suara laptop besar, bisa klik kanan ikon volume di area notifikasi, lalu buka ‘Sound Settings’.
  2. Pada daftar menu sebelah kanan, maka pilih ‘Sound Control Panel’.
  3. Lalu tekan menu ‘Speakers’, kemudian pilih ‘Properties’.
  4. Pilih tab ‘Enhancement’, lalu centang kotak pada ‘Loudness Equalizer’.
  5. Kemudian, tekan tombol ‘Apply’ dan ‘OK’ untuk menutup jendela.

2. Menambahkan VCL Media Player

VCL Media Player merupakan salah satu software pemutar musik dan video yang bisa memperbesar suara laptop Windows 10. Apabila kamu ingin menggunakan software tersebut, berikut ini sudah ada cara-caranya:

  1. Pertama, download VCL Media Player di website videolan.org terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil di-download, lalu buka dan instal software tersebut.
  3. Pilih juga tab Tools, dan pilih ‘Preferences’. Kamu juga bisa langsung membuka menu ini dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + P.
  4. Pilih semua opsi yang letaknya di bagian kiri bawah.
  5. Lanjut masukkan kalimat ‘maximum volume’ di fitur pencarian.
  6. Klik ‘Qt’ untuk bisa membuka pengaturan interface.
  7. Masukkan angka sekitar 300 di kotak teks volume maksimum. Lalu bisa tekan tombol ‘Save’ untuk menerapkan pengaturan baru.
  8. Setelah itu, buka kembali VCL Media Player. Sekarang tingkat volume bisa langsung diatur mencapai 300%. Cara agar suara laptop besar selesai.

Itu saja beberapa cara memperbesar suara laptop Windows 10 dan lainnya yang bisa langsung kamu coba. Selamat mencoba ya teman-teman!