7 Alasan Tidak Gunakan Emoji untuk Kata Sandi, Wajib Banget Tahu!

Alasan Tidak Gunakan Emoji untuk Kata Sandi
Alasan Tidak Gunakan Emoji untuk Kata Sandi

Alasan tidak gunakan Emoji untuk kata sandi merupakan hal yang telat. Emoji sendiri menjadi bagian penting dari komunikasi sehari-hari serta sudah tertanam dalam bahasa kita. 

Menariknya lagi, saat ini dapat menggunakan emoji sebagai kata sandi. Namun, apakah menggunakan emoji sebagai kata sandi merupakan ide yang bagus? Nah, untuk mengetahui alasannya, baca artikel berikut di bawah ini ya!

Alasan Tidak Gunakan Emoji untuk Kata Sandi

Alasan Tidak Gunakan Emoji untuk Kata Sandi
Alasan Tidak Gunakan Emoji untuk Kata Sandi

Pada dasarnya, dalam membuat kata sandi yang kuat, yang diperlukan butuh gabungan dari angka, huruf, serta karakter khusus. Jadi semakin rumit kata sandi, maka semakin sulit untuk dipecahkan. 

Baca Juga : Cepat Sekali! 4 Cara Report Akun TikTok Demi Melaporkan Konten Mengganggu

Namun, pengguna tidak perlu emoji untuk membuat kata sandi yang kuat. Bahkan, ll tidak disarankan untuk menggunakan emoji dalam membuat kata sandi. Berikut alasannya!

1. Kata sandi berbasis emoji cenderung tidak acak

Kata sandi bagus merupakan kata sandi yang diacak. Namun bayangnya, emoji yang mudah diakses sudah pasti lebih banyak digunakan. 

Hal ini karena emoji tertentu lebih populer daripada emoji lainnya. Sehingga peretas akan mudah mengetahui emoji mana yang harus ditarget terlebih dahulu ketika mencoba memecahkan kata sandi.

2. Akun akan terkunci

Beberapa platform mengizinkan emoji sementara yang lain tidak. Ini bukanlah masalah besar. Namun, meskipun kamu dapat membuat akun di suatu tempat menggunakan kata sandi berbasis emoji, kamu mungkin tidak dapat masuk kembali, terutama jika mereka mengubah aturan kata sandinya. 

Bukan tidak mungkin kamu akan mengalami masalah kompatibilitas atau situs web yang kamu coba gunakan tidak dapat mengganti kata sandi emoji dengan benar.

3. Masalah lintas platform

Emoji adalah bagian dari standar unicode dan sama di semua platform dan sistem operasi. Namun, kamu mungkin memperhatikan bahwa tampilannya berbeda tergantung pada sistem operasi yang kamu gunakan. Hal ini karena tampilannya berbeda-beda, kamu mungkin kesulitan menggunakan kata sandi yang benar. Jika kamu terlalu sering memasukkan kata sandi yang salah, akunmu mungkin akan terkunci.

4. Rumit

Menggunakan emoji sebagai kata sandi nyatanya tidak mudah. Jika kamu menggunakan HP pintar, mungkin menggunakan kata sandi berbasis emoji tidak akan terlalu merepotkan. Namun, bagaimana dengan desktop? Kamu mungkin harus mengotak-atik pengaturan untuk bisa menggunakan emoji. Jelas, akan jauh lebih nyaman jika kamu hanya menggunakan huruf dan angka di keyboard.

5. Prediktabilitas

Terkait kata sandi, orang cenderung tertarik pada frasa umum dan kombinasi angka yang mudah ditebak. Jika orang-orang mulai menggunakan emoji dalam sandi mereka, dapat diasumsikan bahwa mereka akan menggunakan emoji yang paling sering mereka gunakan. 

Oleh sebab itu, penggunaan emoji dalam kata sandi mungkin akan membuat kata sandi semakin mudah ditebak, terutama jika emoji favorit orang tersebut diketahui publik atau digunakan secara luas.

6. Paparan shoulder surfing

Keyboard HP pintar hampir selalu menampilkan emoji yang terakhir digunakan tepat di bagian atas. Memiliki informasi ini membuat seseorang dapat melakukan shoulder surfing. 

Sesuai dengan istilahnya, ini adalah jenis serangan siber di mana pelaku memata-matai layar perangkat target untuk mendapatkan informasi sensitif.

7. Emoji tidak melindungi dari serangan brute force

Perangkat lunak di balik serangan brute force kini semakin canggih. Memilah-milah perpustakaan emoji umum dan kemungkinan kombinasinya hanya memakan waktu beberapa milidetik. Jadi, menggunakan emoji sebagai kata sandi tidak membantu meningkatkan keamanan.

Emoji sangat bagus untuk mengekspresikan perasaan atau sekadar berkomunikasi dengan orang lain dengan cepat. Namun, ini tidak ideal digunakan sebagai kata sandi. Untuk membuat kata sandi yang kuat, kamu hanya membutuhkan huruf kapital dan kecil, angka, dan karakter khusus.

Itu saja penjelasan yang berkaitan dengan alasan tidak gunakan Emoji untuk kata sandi yang bisa kamu pahami. Melalui informasi ini diharapkan kamu paham kenapa emoji jarang digunakan di kata sandi media sosial. Selamat membaca ya teman-teman! Jika ada masukan dan saran bisa komen di bawah ini!