7 Aplikasi Mahasiswa yang Wajib Diinstal, untuk Tunjang Perkuliahan Lebih Cepat!

7 Aplikasi Mahasiswa yang Wajib Diinstal, untuk Tunjang Perkuliahan Lebih Cepat!
7 Aplikasi Mahasiswa yang Wajib Diinstal, untuk Tunjang Perkuliahan Lebih Cepat!

HP merupakan salah satu perangkat serbaguna alias bisa digunakan berbagai hal. Selain untuk kebutuhan hiburan seperti bermain game menonton film, serta menjelajahi media sosial, HP juga bisa berfungsi untuk menunjang kebutuhan belajar khususnya bagi mahasiswa

Baik itu, mulai dari aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal untuk menulis catatan atau aplikasi lainnya. Sehingga dapat membantu agar tetap fokus dan belajar secara online.

Baca juga : Tips Tingkatkan Performa Brave Browser, Agar Semakin Lancar!

Aplikasi Mahasiswa yang Wajib Diinstal Dijamin Praktis 

aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal.
aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang wajib diinstal mahasiswa. Berikut ini 7 aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal cocok untuk menunjang perkuliahan, antara lain:

1. TickTick

Untuk memastikan kamu tidak ketinggalan mata kuliah atau tugas dari dosen, maka direkomendasikan menginstal TickTick. TickTick merupakan salah satu aplikasi to-do list yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur.

Sehingga nantinya kamu bisa merencanakan semua daftar aktivitas atau tugasmu dengan lebih mudah. Disamping itu, kamu juga harus bisa berkolaborasi dengan pengguna lain dan mengkategorikan daftar aktivitas serta tugasmu berdasarkan dengan urgensinya.

2. Forest

HP juga bisa menjadi pedang yang bermata dua. Di satu sisi, HP dapat membantu untuk mencapai tujuanmu dengan lebih cepat. Namun di sisi lain, HP juga bisa saja menjadi distraksi yang sangat mengganggu. 

Untungnya, saat ini sudah ada aplikasi seperti Forest yang bisa membantumu untuk tetap fokus. Misalnya saja, ketika menyimak dosen atau mengerjakan tugas. Aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal ini juga sangat menarik karena semakin lama kamu menjauh dari HP, maka akan semakin tinggi pula pohon yang tumbuh di Forest.

3. Notion

How to Build a Second Brain in Notion by Maria Aldrey Forte Labs
Aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal – Notion

Apabila kamu butuh aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat atau mengatur catatan kelas sambil melacak tugas dirumah, maka pilihan tepatnya adalah Notion. Selain untuk itu, Notion juga bisa berfungsi untuk membuat to-do list, dan melacak pengeluaran.

Bahkan, juga bisa berkolaborasi dengan teman sekelas untuk tugas kelompok. Apabila kamu tertarik, maka aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis di Playstore.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik dan Secara Gratis, Wajib Banget Download!

Aplikasi Mahasiswa yang Wajib Diinstal Dijamin Berguna 

4. Coursera

10 Best Graphic Design Courses to Take Online
Aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal – Coursera

Selanjutnya adalah Coursera merupakan salah satu aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal jika kamu sedang mencari sebuah cara. Terutama, untuk bisa mendapatkan sertifikat hanya dengan ikut kursus. 

Coursera sendiri adalah aplikasi pembelajaran dengan lebih dari 7,000 kursus yang bisa langsung diikuti secara online. Aplikasi ini sangat sempurna untuk mahasiswa karena setiap kursus akan diajarkan oleh dosen berkualitas yang telah terakreditasi. Aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal ini bisa didownload gratis dengan opsi berlangganan yang sepenuhnya opsional.

5. Brainly

Brainly saat ini jadi aplikasi terbaik untuk pelajar yang butuh bantuan pelajar lain untuk mengerjakan tugasnya. Namun dengan adanya kecanggihan AI, Brainly juga bisa membantumu mengerjakan tugasmu dengan lebih cepat. 

Jadi selain bertanya dengan orang lain, kamu juga bisa langsung bertanya ke AI jika kamu kebingungan dengan tugasmu. Tak hanya itu, aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal ini juga telah menyediakan akses ke ribuan buku jika kamu butuh.

6. Adobe Scan

Sama seperti namanya, Adobe Scan sendiri merupakan salah satu aplikasi scanner yang memungkinkanmu untuk memindai berbagai jenis dokumen. Baik itu, mulai dari buku, tulisan di papan tulis serta kartu nama. 

Aplikasi ini nantinya akan melakukan pemindaian secara otomatis. Hal ini berarti kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke dokumen yang ingin dipindah. Jadi tidak perlu lagi memencet apapun. Apabila sudah, kamu bisa langsung memotong hasilnya atau mengaplikasikan filter.

7. Microsoft OneNote

OneNote merupakan salah satu aplikasi catatan dari Microsoft di mana kamu bisa langsung mengelola banyak catatan dengan mudah. Hal ini tentunya untuk mengaturnya kedalam beberapa sub bagian dan membaginya ke teman sekelasmu. 

Selain itu, kamu juga bisa mengunggah berbagai jenis gambar dan memberi anotasi pada gambar tersebut. Kemudian, ada pula fitur untuk bisa mengimpor rekaman dalam bentuk audio, menambahkan kliping web dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sebenarnya gratis dan telah tersedia di hampir semua platform.

Itu saja beberapa ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi mahasiswa yang wajib diinstal. Tertarik untuk menggunakan aplikasi yang di atas untuk menunjang perkuliahan? Langsung saja download!