Praktis! 4 Cara Pindah File HP ke Laptop yang Mudah

Cara Pindah File HP ke Laptop
Cara Pindah File HP ke Laptop

Cara pindah file HP ke Laptop saat ini, sudah umum dilakukan. Hal ini tentunya sangat berguna terutama ketika penyimpanan HP terlalu penuh atau alasan lainnya 

Cara transfer file ini tentunya juga bisa langsung dilakukan tanpa harus menghapus file tersebut dari HP. Lantas, bagaimana sih caranya? Simak yuk informasi lengkapnya di bawah ini. 

Cara Pindah File HP ke Laptop

Mentransfer file dari HP ke Laptop sebenarnya memang cukup praktis dilakukan. Apabila kamu belum mengetahuinya, sudah ada beberapa metode yang bisa diterapkan. Berikut ini informasi cara memindahkan file dari hp ke laptop. 

1. Menggunakan Kabel Data

Kabel data 2
Cara Pindah File HP ke Laptop – Menggunakan Kabel Data

Cara pertama ini bisa dibilang merupakan salah satu cara tradisional yang seringkali dilakukan untuk mentransfer data. Cara memindahkan file dari laptop ke laptop ini cukup mudah dilakukan karena kamu hanya perlu menyiapkan sebuah kabel data.

Kamu juga bisa langsung menggunakan kabel charger asli bawaan HP atau kabel lainnya yang tentunya akan mendukung untuk dijadikan kabel data. Berikut ini caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Pertama, siapkanlah kabel data yang sudah mendukung pemindahan file, bukan hanya untuk mengecas saja. Lalu sambungkan ke HP dan laptop.
  2. Tunggu sesaat sampai muncul sebuah notifikasi di HP, lalu pilih mode Transfer file. Lanjut untuk buka File Explorer di laptop.
  3. Biasanya, nantinya akan muncul drive baru yang sesuai dengan nama HP yang digunakan. Lanjut bisa klik drive tersebut dan pilihlah penyimpanan internal atau eksternal.
  4. Setelah itu, akan muncul pula file-file yang ada di HPmu. Pilihlah file yang ingin sekali dipindahkan. 
  5. Apabila kamu ingin memindahkan beberapa file, bisa langsung menekan tombol CTRL sambil bisa klik mouse untuk memilih file. Pindahkan juga data tersebut ke penyimpanan di laptop.

2. Lewat Bluetooth

Kamu nantinya bisa langsung memanfaatkan fitur bluetooth yang telah terpasang di PC untuk mengirim file ke HP Android. Namun, harap pastikan bluetooth dari dua perangkat ini telah langsung terhubung atau pairing satu sama lain.

Hal ini tentunya agar bisa langsung digunakan untuk mengirim file. Berikut ini sudah ada cara transfer file dengan menggunakan bluetooth, antara lain:

  1. Pertama Cara memindahkan file dari hp ke laptop, bisa langsung hidupkan Bluetooth di HP. Lanjut untuk bisa buka laptop dan masuk ke kolom pencarian. 
  2. Lalu ketik dan klik Bluetooth. Lanjut bisa hidupkan Bluetooth di laptop dan kliklah Add Bluetooth or other device.
  3. Pilihlah Bluetooth dan klik Bluetooth HP-mu dan sambungkan. Apabila sudah, silahkan kembali lagi ke HP, dan langsung bukalah File Manager.
  4. Pilihlah file yang akan langsung dipindahkan ke laptop. Lanjut bisa tekan dan tahan beberapa saat hingga muncul pilihan Share via Bluetooth. Setelah itu, nantinya akan muncul pilihan, pilihlah Bluetooth sesuai dengan tujuan.

3. Lewat Memori Card Reader

WhatsApp Image 2024 01 29 at 14.32.34 2
Cara Pindah File HP ke Laptop – Lewat Memori Card Reader

Cara memindahkan file dari hp ke laptop lenovo berikutnya, yaitu bisa langsung menggunakan memory card reader. Di mana perangkat khusus yang berfungsi untuk bisa langsung membaca kartu memori HP pada laptop.

Pada umumnya, alat ini tentunya akan berbentuk seperti flashdisk. Di mana terdiri dari berapa luang untuk bisa memasukkan kartu memori dengan jenis berbeda. Berikut ini sudah ada langkah-langkah transfer file dengan menggunakan Memory Card Reader, antara lain:

Baca juga : Cara Aktifkan Google Play yang Dinonaktifkan, Mudah dan Cepat
  • Pertama, bisa langsung lepas kartu memori dari HP, lalu masukkan ke dalam card reader. Pasanglah card reader ke laptop dan tunggu hingga beberapa saat sampai card reader terbaca.
  • Lanjut buka File Explorer, kemudian masukkan ke drive kartu memori. Biasanya dikenal dengan USB Drive E.
  • Setelah itu, pindahkan juha file yang diinginkan, bisa dengan menggunakan cut atau copy. Apabila sudah, silahkan untuk paste ke penyimpanan di laptop-mu.

Cara Pindah File HP Lewat Email

WhatsApp Image 2024 01 29 at 14.32.34
Cara Pindah File HP Lewat Email

Cara memindahkan file dari laptop ke hp selanjutnya bisa langsung dengan menggunakan email. Metode ini tentunya bisa langsung dilakukan jika data yang ingin ditransfer tergolong sedikit dan kecil. Caranya cukup mudah dilakukan, berikut ini sudah ada langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, bisa langsung buka email pada aplikasi maupun browser di HP. Lalu klik Buat Email baru di ikon Plus. Kemudian, pilihlah menu Attach.
  • Lanjut pilih file yang akan langsung dikirim ke laptop. Lalu bisa masukkan alamat email yang aktif di laptop.
  • Kemudian, lanjut klik ikon Pesawat Kertas untuk kirim file. Selesai.

Nah, itu saja beberapa penjelasan tentang cara pindah file HP ke Laptop. Mana nih yang bakalan kamu coba duluan?

Penulis: Novi Ardila